Senin, 21 Maret 2011

pengalaman mengajarkanku..

aku ingat cerita dari seorang wanita tua yang aku temui di halte bis, saat itu aku lagi nunggu bis yang akan mengantarkanku ke arah rumahku, cukup lama aku mengunggu dan itu terasa amat sangat membosankan, tapi tidak lama kemudian datanglah seorang wanita dengan tubuhnya yang tak tegap lagi, dengan kulitnya yang tak kencang dan elastis lagi, giginya yang aku pikir jumlahnya sudah tak lengkap lagi, dan suaranya yang amat sangat pellaaann..
dia langsung menghampiriku dan duduk disebelahku, awalnya sih kami sama2 diam, hingga akhirnya dia yg membuka pembicaraan singkat namun tepat sasaran ini.

nenek : "lagi nunggu bis cuk,,?
saya : "iya nek, nenek mau kemana..?
nenek : "mau kemana aja yang penting nenek happy,,?
(dalam hati aku bertanya-tanya)
saya : "kalo boleh tahu, keluarga nenek dmna, knp gak ada yg nganter,,?
nenek : "gak penting berbicara tentang mereka, yang telah dibutakan mata, hati, dan pikirannya itu..? yaa tuhan semoga ini tak terjadi kemudian kepada mereka.."
saya : "maaf nek, saya tidak bermaksut mengingatkan nenek mungkin terhadap sesuatu yg sempat melukai hati nenek,.."
nenek : "enggak cuk, ini semua memang sudah takdir yg harus saya jalani di hari tua saya ini, dulu saya sempat memperlakukan ibu saya seperti ini pula hingga akhirnya saya pun diperlakukan seperti ini oleh anak2 saya, inilah hukuman yg hrs saya jalani, anak2 saya membuang saya kepanti jompo, cuih! tempat yg sangat tidak enak untuk menjalani hari tua saya dan mungkin umur saya yg sudah tidak lama lagi ini, dan saya baru sadar kalo dulu berarti ibu saya sangat tersiksa dengan keadaan ini, mungkin ini kutukan untuk saya, walaupun saya tahu tidak ada orang tua yg akan mendoakan anaknya pada kejelekan tapi ingat! Tuhan tidak tidur, tuhan tidak buta, tuhan tidak tuli dan tuhan maha adil bagi umatnya.., begitupun saya saat ini, demi allah saya tidak pernah ingin agar anak saya merasakan hal ini, saya selalu berdoa untuk kebahagiaan anak saya,"
(terdiam sejenak)
saya : "apa arti dari apa yg nenek sampaikan??"
nenek : "perbaikilah sikapmu saat ini, sebab tua nanti kau akan menuainya"

tidak lama kemudian bis yang sang nenek tunggu tiba dan dia bersiap untuk menaikinya, sebelumnya dia memberikan message untukku..
nenek : "ingat kata kata nenek, sayangi ibu dan bapakmu selagi mereka ada, lakukan yg terbaik untuknya, sebab doanya selalu didengar tuhan.."
setelah itu nenek pergi dan dalam hati aku berharap "Ya Allah kuasamu, apapun bisa kau lakukan, Keadilanmu slalu kau tegakkan kepada sluruh hambamu, aku mohon slalu lindungi nenek itu dimana pun dia berada, dan aku berharap suatu saat dapat bertemu dengannya kembali" :)

0 komentar:

Posting Komentar